Visi Seorang Pemimpin Yang Adil dan Mengayomi

Tiap orang adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya di semua akhir kehidupannya semasa mereka menjadi khalifah fil ardhi. Entah itu sebagai pemimpin rumah tangga, ketua organisasi, kepala pemerintahan dan lain sebagainya maka setiap kebijakan dan perilakunya harus dipertanggungjawabkan di hadapan Alloh SWT.

Terlebih lagi mereka yang telah diberi amanat oleh rakyat untuk memmimpin negeri ini, mereka adalah orang orang yang paling bertanggung jawab terhadap semua urusan penting yang diperlukan oleh rakyat. Jika orang orang yang kini memimpin mampu bertindak dengan adil dan senantiasa amanah maka karuania besar akan selalu meliputi kehidupan mereka. Ada limpahan kebaikan yang akan terus mengalir meskipun kelak mereka telah meninggalkan rakyat yang dipimpinnya.

Bahkan Alloh SWT telah berjanji akan menjadi pelindung utama untuk mereka yang telah memimpin orang lain dengan adil. Alloh akan menjadi pembela utama untuk para pemimpin yang jujur, adil dan selalu amanah dalam mengemban tugasnya, baik saat mereka masih berada di dunia, lebih lebih ketika kelak semua manusia ditanyakan semua amal dan tindakannya selama hidup di dunia.

Pemimpin tentunya tidak harus bombastis dalam mengumbar janji janji yang memang tak akan mungkin bisa dipenuhi.Menjanjikan sebuah rencana yang mulia untuk kebaikan rakyat memang sesuatu yang layak mendapatkan apresiasi, namun kalau janji yang diucapkan hanya suatu strategi untuk mengelabui rakyat maka hanya akan berakibat pada kehinaan diri dan martabatnya.

Rakyat boleh jadi lupa dengan janji janji pemimpinnya, namun  mereka tak akan pernah melupakan perilaku dan tindakannya selama menjadi pemimpin. Sekali rakyat tak percaya maka mereka akan menempatkan pemimpin sebagai orang orang yang telah berkhianat. Mereka dipandang hanya pandai bicara, mereka dianggap hanya mampu mengumbar janji tanpa bukti nyata yang bisa dinikmati.

Seorang pemimpin yang bervisi jelas dan punya integritas pribadi yang baik maka tak akan pernah sembarangan dalam membuat janji, ia akan berpikir dan menimbang jutaan kali hingga ia memastikan kalau apa yang ia janjikan akan mampu dipenuhi. Bahkan ia rela terhina dan mengundurkan diri ketika tak mampu lagi menunaikan janjinya.

Negeri ini memerlukan pemimpin pemimpin luar biasa yang mampu menepati janjinya. Rakyat sudah bosan dengan semua janji, mereka hanya membutuhkan pemimpin yang senantiasa bekerja keras untuk membuktikan janji janjinya dimasa lalu hingga taraf kehidupan rakyat mencapai kesejahteraan dan kemakmuran yang diinginkan.

Rakyat di bumi pertiwi merindukan pemimpin peduli, peduli dengan penderitaan rakyat, peduli terhadap masalah yang menimpa rakyat dan tidak menjawab tangis derita mereka dengan kebijakan yang tidak menjunjung tinggi nilai nilai keadilan.

Jika memang negeri ini masih sakit dan belum bisa diperbaiki oleh orang orang yang memimpin negeri ini maka jangan pernah mengumbar kemewahan hidup di tengah penderitaan rakyat, jangan pernah meminta rakyat untuk menerapkan pola hidup yang hemat sementara para pemimpinnya berpesta pora dan mengumbar syahwat di tiap tempat.